Selasa, 09 Februari 2010

Intel-IBM Luncurkan Chip Sangat Kuat


Jakarta - Dua raksasa teknologi AS, IBM dan Intel meluncurkan chip komputer yang sangat kuat dan didisain untuk bisnis yang membutuhkan jaringan dan pusat data kinerja tinggi.
Intel memperkenalkan prosesor Itanium seri 9300 yang dikembangkan dengan nama kode Tukwila yang dipuji-puji memiliki kinerja dua kali lipat dari chip generasi sebelumnya.
Seri 9300 menonjolkan otak kecil yang berisi dua miliar transistor per chip dan empat inti yang memproses data.
Dengan prediksi dari Gartner data TI tumbuhan 650% lima tahun ke depan, bisnis memerlukan server perusahaan yang kuat dan sesuai skala, kata Intel.
Intel juga mengatakan chip tersebut dibuat untuk meningkatkan kemampuan sistem komputer agar pulih dari kesalahan fatal.
IBM meluncurkan server Power 7 baru yang dikembangkan untuk kebutuhan yang makin meningkat seperti jaringan smart electrical atau analisis pasar keuangan seketika.
Chip Power 7 yang berada di jantung sistem, mampu memiliki kinerja empat kali secepat generasi sebelumnya mikoprosesor Power 6, dan melaksanakan 32 tugas sekaligus, menurut IBM.
Sistem Power 7 dirancang untuk layanan yang bergantung pada proses transaksi yang sangat besar dan data secara bersama-sama sambil menganalisa informasi dalam waktu seketika, kata IBM.
Selain itu, sistem baru tersebut membuat klien mampu mengelola aplikasi dan layanan yang ada dengan biaya lebih sedikit dengan terobosan teknologi dalam virtualisasi, penghematan energi, dan penggunaan memori yang lebih hemat biaya, menurut IBM.
Pengumuman oleh Intel dan IBM dikeluarkan ketika Oracle mempertimbangkan masuk ke pasar dengan mengakuisisi Sun Microsystems dalam sebuah kesepakatan senilai 7,4 miliar dolar AS.
Oracle menyatakan akan memanfaatkan sumber dayanya di belakang peningkatan dan pemasaran sistem server Sun Solaris yang dibangun berdasarkan teknologi mikroprosesor SPARC.[ito] INILAH.COM

0 Komentar:

Poskan Komentar