Minggu, 28 Februari 2010

Jegal Google, Facebook Patenkan 'Status Update'


SAN FRANSISCO - Facebook akhirnya memantenkan layanan status update real time miliknya di Amerika Serikat (AS). Paten ini memungkinkan Facebook untuk memenangkan peta persaingan jejaring sosial.
"News Feed di layanan jejaring sosial kami telah ada sejak tahun 2006 dan merupakan sejarah terbaik dalam Facebook karena teknologi ini mengubah cara orang untuk mengonsumsi dan menemukan informasi dalam situs kami," ujar pihak Facebook, seperti dikutip melalui News Nine MSN, Minggu (28/2/2010).
Dikatakan pihak Facebook, mereka sangat merasa tersanjung dengan semakin berkembangnya adopsi news feed ini oleh semua penyedia layanan internet. Sayangnya, Facebook menolak untuk berkomentar lebih lanjut mengenai pemberian paten ini.
Paten yang dimiliki Facebook akan mencakup temuan berupa metode menampilkan news feed dalam lingkungan jejaring sosial di dunia maya. termasuk komentar, link, atau apapun yang diposting oleh pengguna jejaring sosial, dari dan untuk anggota komunitas online tersebut.
Sayangnya, kemenangan paten di pihak Facebook ini tidak membuat senang para pengguna Twitter. Mereka menganggap Twitter lebih berhak atas hak paten tersebut ketimbang Facebook. Bahkan para analis berpendapat, dengan kemenangan paten ini Facebook memiliki kuasa untuk 'mendamprat' Twitter, hingga mengambil alih layanan 140 karakter tersebut.
"Tidak hanya mengambil alih Twitter, tapi juga bisa memperkarakan jejaring sosial lainnya karena menggunakan paten ini. Termasuk MySpace hingga Google Buzz," ujar Rob Enderle, dari perusahaan analis Enderle Group di Silicon Valley.
Dipastikan Enderle, Facebook lebih mengkhawatirkan Google ketimbang Twitter dan MySpace. Tidak heran jika Mark Zuckerberg dan kawan-kawan bekerja mati-matian untuk memenangkan paten ini. (srn) OKEZONE.COM

0 Komentar:

Poskan Komentar