Kamis, 18 Februari 2010

Ingin Aman? Jangan Posting Lokasi di FB


Jakarta – Jangan memposting informasi lokasi di Facebook. Situs PleaseRobMe.com yang mengamati jejaring sosial menunjukkan orang bisa jadi target kejahatan karena postingnya.
Pendiri PleaseRobMe.com yang berbasis di Belanda mengklaim pihaknya membangun situs tersebut untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya posting lokasi secara online.
“Publikasi tentang keberadaan diri bahaya. Ini berarti ketika meninggalkan suatu tempat, artinya secara definitif sedang tidak berada di rumah,” tulisnya.
Ia menyarankan ketika meninggalkan rumah, jangan biarkan lampu menyala di siang hari. Selain itu saat pergi berlibur, hindari memberitahukan orang lain di internet bahwa sedang tidak berada di rumah.
Sebaliknya aplikasi mobile semacam Foursquare justru memberikan layanan cepat tentang lokasi penggunanya ke dunia online. Posting itu memberikan peluang pada teman untuk menemukan atau memposting respon tentang lokasi yang disebutkan.
Sementara sistem di PleaseRobMe.com menggambarkan bahaya serius yang mungkin muncul.
“Tujuan situs tersebut diluncurkan adalah kewaspadaan terhadap isu dan mendorong orang untuk berpikir ulang tentang bagaimana layanan semacam Foursquare, Brightkite, Google Buzz, dan sebagainya,” jelas situs itu. INILAH.COM

0 Komentar:

Poskan Komentar