Jumat, 19 Februari 2010

Virus Merusak 75 Ribu Komputer


Jakarta – Sebuah tipe virus komputer baru diketahui telah berhasil menghancurkan 75 ribu komputer dari 2500 organisasi di seluruh dunia, termasuk menguasai akun situs jejaring sosial, menurut firma keamanan internet NetWitness.
Virus teranyar tersebut dikenal sebagai Kneber Botnet berhasil mengumpulkan informasi dari sistem financial online terpercaya, situs jejaring sosial dan sistem email.
Komputer yang terinfeksi kemudian melaporkan informasi tersebut kembali kepada para peretas. Sebuah botnet adalah senjata merusak komputer di mana para peretas bisa mengontrol mesin secara tersentral.
Perusahaan itu mengatakan bahwa serangan botnet pertama kali terjadi dan ditemukan pada bulan Januari saat penempatan rutin perangkat lunak NetWitness.
Investigasi lebih jauh oleh Herndon, firma sekuritas yang berbasis di Virginia mengatakan bahwa banyak sistem pemerintahan dan komersial yang mudah dimasuki. Ada 68 ribu login penting dan terpercaya akses terhadap sistem email, situs bank online, Yahoo, Hotmail, dan situs jejaring sosial semacam Facebook.
“Proteksi terhadap malware konvensional dan sistem deteksi gangguan berbasis signature secara definitif tidak cukup untuk menghalau Kneber atau ancaman yang lebih rumit lainnya,” ujar CEO NetWitness Amit Yoran.[ito] INILAH.COM

0 Komentar:

Poskan Komentar