Jumat, 12 Februari 2010

Google Beli Layanan Sosial Search Aardvark




WASHINGTON,  Raksasa internet Google telah membeli Aardvark, layanan social search yang khusus didesain untuk menjawab pertanyaan dari penggunanya. Aardvark akan meneruskan pertanyaan tersebut ke layanan jejaring sosial dan memilih jawaban yang tepat.
"Saya bisa mengkonfirmasi bahwa kami telah menandatangani kesepakatan dengan Google," pendiri dan kepala teknologi Aardvark Damon Horowitz dalam emailnya kepada AFP seperti dilansir Antara
Namun, pihaknya tidak dapat berkomentar lebih jauh soal akuisisi tersebut. Blog teknologi terkemuka TechCrunch memperkirakan harga pembelian itu tak kurang dari 50 juta dollar AS. 
Aardvark yang berbasis di San Francisco merupakan perusahaan start up yang didirikan pada 2007. Para pendiri termasuk mantan karyawan Google dan kini memiliki karyawan sekitar 20 orang.
Aardvark menggunakan kontak dalam jaringan seseorang untuk memberikan jawaban pertanyaan via Web di Vark.com, instant messaging, email atau Twitter. Dalam posting blog baru-baru ini, Aardvark mengatakan telah memiliki lebih dari 90.000 pengguna pada Oktober 2009 dan 87,7 persen dari pertanyaan yang dikirim ke Aardvark menerima jawaban dari seorang teman atau teman dari seorang teman. 
Aardvark mengatakan 75 persen dari pengguna yang menanyakan pertanyaan Aardvark juga menjawab pertanyaan untuk orang lain. Setiap pertanyaan diklaim saat ini dijawab antara 5-10 menit tergantung jenis pertanyaan dan jumlah jejaring yang dimiliki penggunanya.
Belakangan Google memang tengah menggarap layanan jejaring sosial. Langkah strategis terakhir adalah dengan layanan Google Buzz yang menambahkan fitur update status dan berbagi link, foto, dan video melalui Gmail.

0 Komentar:

Poskan Komentar