Rabu, 10 Februari 2010

Opera Kaget Ponsel China Laku Keras di Indonesia


JAKARTA - Selain vendor ponsel global, saat ini ponsel pabrikan China yang dilabeli merek lokal mengalami penjualan yang cukup signifikan. Maka tak bisa dipungkiri, kalau ponsel lokal tersebut secara langsung memberikan kontribusi kepada Opera Mini.
"Yang saya tahu ponsel China seperti Nexian memang laku keras. Kita juga tahu Opera Mini sering dibundling di ponsel tersebut, jadi pastinya memberikan kontribusi juga untuk kami," terang Web Evangelist Opera Zi Bin Cheah kepada okezone, saat berbincang di Hotel Atlit Century, Jakarta, Rabu (10/2/2010).
Kendati demikian, Zi Bin tidak bisa membeberkan lebih jauh seberapa besar potensi kontribusi ponsel China tersebut kepada Opera Software. Pasalnya, saat ini tidak ada data yang mengeluarkan khusus untuk ponsel lokal. Terlebih, menurut dia, kendati ponsel China bertebaran dengan beragam merek, namun tetap satu pabrikan juga.
"Malah yang saya tahu, ponsel China sendiri di negaranya hanya 20 persen. Saya juga kaget kalau ponsel China jauh lebih besar penjualannya di Indonesia. Mungkin terkait masalah harga yang murah, sehingga ponsel tersebut bisa sukses di sini," tambah pria asal Malaysia tersebut.
Namun, Zi Bin semakin kaget setelah mengetahui berapa harga rata-rata ponsel China tersebut di pasar tanah air. Terlebih saat okezone memberi tahu kalau dengan uang Rp400 ribu, ponsel China dengan qwerty plus aplikasi Java, sudah bisa dimiliki konsumen.
"Hah! Rp400 ribu? Luar Biasa. Padahal beberapa waktu lalu saat harga ponsel dijual dengan kisaran Rp900 ribu, saya hampir tak mempercayainya. Indonesia memang luar biasa," cetusnya setengah tak percaya.
Secara resmi, pengguna Opera Mini menurut data yang dikeluarkan secara resmi oleh browser asal Norwegia itu, pengguna Nokia adalah penguasa daftar 10 besar ponsel yang menggunakan Opera Mini. Malahan, dari daftar nomor satu hingga nomor sepuluh, semua dikuasai seri Nokia.
Di posisi pertama, Nokia 5130 ExpressMusic menjadi ponsel paling banyak yang menggunakan Opera Mini. Disusul kemudian, Nokia 6300, N70, 5310, E63, 2330C, dan 3120. Dan kebanyakan situs yang dikunjungi pengguna Opera Mini di tanah air adalah, situs jejaring sosial Facebook, baru kemudian Yahoo. (tyo) OKEZONE.COM

0 Komentar:

Poskan Komentar