Kamis, 18 Februari 2010

Taman Nasional Komodo Merosot ke Posisi 17


JAKARTA - Persaingan tujuh keajaiban dunia semakin ketat. Posisi TN (Taman Nasional) Komodo sebagai satu-satunya kandidat dari Indonesia terus mengalami pasang surut. Data terbaru menyebutkan TN Komodo merosot ke urutan 17 dari sebelumnya posisi 16 dalam ranking 28 besar. 
Dalam hasil jajak pendapat terbaru The Seven Wonders Foundation, posisi tiga besar berturut-turut ditempati oleh pulau Amazon di Bolivia, Angel Falls dari Venezuela, dan Bay of Fundy di Kanada.
Pesaing ketat TN Komodo yang sama-sama berasal dari wilayah Asia adalah Halong Bay milik Vietnam di posisi 12, dan pulau Jeju di Korea Selatan yang menempati urutan ke-15. 
Sebelumnya, TN Komodo yang berada di Flores, Nusa Tenggara Timur itu sempat berada di urutan nomor delapan, bersaing dengan 27 kandidat lainnya. Sayangnya posisi tersebut berangsur-angsur turun hingga kini berada di posisi 17.
Selain dukungan dari dalam negeri, salah satu penilaian tujuh keajaiban dunia ini juga mengharuskan TN Komodo mendapatkan dukungan dari internasional. Dalam hasil jajak pendapat internasional, posisi TN Komodo saat ini cukup terancam dari pesaing lainnya dengan persentase jumlah dukungan sebesar 89,35 persen. Padahal untuk bisa terus bersaing dengan kandidat lainnya, jumlah dukungan internasional minimal adalah 90 persen. 
Tahun lalu, Indonesia menempatkan tiga TN dalam daftar nominasi tujuh keajaiban dunia yang baru. Namun dua di antaranya, yaitu TN Gunung Krakatau dan TN Danau Toba gugur pada awal seleksi. Beruntung Indonesia masih memiliki TN Komodo yang berhasil menembus seleksi posisi 28 besar menyingkirkan 49 lokasi lainnya dari berbagai negara.
Untuk mendukung TN Komodo agar tidak terus merosot, masyarakat Indonesia bisa berpartisipasi melalui jajak pendapat melalui telepon dan website New7wonders.com
Partisipasi melalui line telepon dilakukan melalui Sambungan Langsung Internasional (SLI) ke nomor +41 77 312 4041. Setelah tersambung dan pesan selesai maka akan terdengar bunyi 'beep', saat itu Anda wajib menekan kode 7717 untuk memilih TN Komodo.
Sementara pemberian suara melalui website dapat dilakukan dengan mengakses New7wonders.com. Langkah berikutnya, masukan tujuh lokasi pilihan dengan meng-klik gambar yang telah tersedia ke dalam tujuh baris yang telah disediakan.
Selanjutnya, pemilih wajib mengisi daftar registrasi bila belum terdaftar menjadi anggota New7wonder. Setelah mendaftarkan data diri maka pengguna wajib mengonfirmasi alamat email. Setelah selesai klik 'submit vote'. Hasil jajak pendapat ini rencananya akan diumumkan pada 2010. (rah) OKEZONE.COM

0 Komentar:

Poskan Komentar