Kamis, 04 Februari 2010

Iran Luncurkan Pesawat Berisi Binatang


INILAH.COM, Jakarta - Iran meluncurkan Kavoshgar 3 (Explorer 3) yang membawa hewan pengerat, dua kura-kura dan beberapa cacing ke antariksa dan membawanya kembali ke bumi dalam keadaan hidup.
Kantor Berita Mahasiswa Iran (ISNA) melaporkan roket penelitian dengan panjang 10 kaki itu juga dapat membawa data elektronik dan gambar tayangan langsung ke bumi.
Menteri Pertahanan Ahmad Vahidi mengumumkan keberhasilan peluncuran pesawat antariksa itu dalam upacara yang diselenggarakan di Teheran untuk memperingati Hari Teknologi Antariksa Iran.
Presiden Mahmoud Ahmadinejad, Menteri Komunikasi dan Tekenologi Informasi Reza Taqipour, Menteri Teknologi, Riset dan Sains Kamran Daneshju, dan Menteri Pendidikan Hamidreza Hajibabaii juga menghadiri acara tersebut.
Selain itu, tiga satelit baru buatan dalam negeri --Tolou (Sunrise), Mesbah 2 (Lantern 2), dan Nvid (Promising Sign)-- serta satu mesin baru pembawa satelit, Simorgh 3, juga diungkapkan selama upacara tersebut.
Ahmadinejad mengatakan satelit baru itu memperlihatkan keahlian teknologi Iran.
Saat memberi sambutan di hadapan para ilmuwan dan pejabat pemerintah yang menghadiri upacara Hari Teknologi Antariksa itu, Ahmadinejad mengatakan, "Semua orang yang sumbangan mereka telah membuat ini terwujud layak mendapat penghargaan."
Ia menggambarkan terobosan ilmiah tersebut sebagai fajar era baru pembangunan nasional. Ia menambahkan Iran berharap dapat mengirim astronot ke antariksa pada satu hari.
Presiden Iran itu juga menyatakan bahwa Iran ingin memulai kerja sama teknologi dengan negara lain. Ia juga mengatakan musuh tak dapat menghambat kemajuan Iran.
Sementara itu menteri pertahanan Iran mengatakan peluncuran tersebut adalah keberhasilan dan menambahkan program antariksa Iran sepenuhnya bersifat damai.
"Iran takkan memberi toleransi setiap penggunaan (antariksa) yang tidak damai oleh negara mana pun," kata Vahidi.
Ia juga mengatakan satelit yang baru diungkapkan itu akan diluncurkan ke antariksa oleh pesawat pengantar satelit Simorgh.[*/ito]

1 Komentar:

Munawir mengatakan...

jayalah selalu iran.

Poskan Komentar