Rabu, 10 Februari 2010

Horee, Ribuan E-Book Digratiskan


JAKARTA, Musim semi ini, Perpustakaan Inggris menjanjikan akan menggratiskan 65 ribu e-book. Buku-buku ini dikarang oleh para penulis abad ke-19 yang masa hak ciptanya sudah habis, seperti Charles Dickens dan Jane Austen. Karya para penulis ini – dengan bantuan pendanaan dari Microsoft – akan tersedia bagi para pengguna Kindle.
Buku-buku ini akan diterbitkan persis aslinya, dengan tipe font dan ilustrasi seperti aslinya. Tersedia juga versi cetaknya yang bisa dibeli dari Amazon dengan harga kisaran £15.
Inilah pertama kalinya edisi-edisi pertama tersebut muncul dalam bentuk elektronik. Pihak perpustakaan dan Microsoft membutuhkan waktu tiga tahun untuk melarik semua buku tersebut. Rencananya, buku-buku awal abad 20 juga akan didigitalkan.
“Membebaskan buku-buku historis dari rak-rak buku berpotensi merevolusionerkan akses ke sumberdaya kepustakaan terbesar dunia,” tulis pelaksana kepala perpustakaan Inggris Lynne Brindley di The Times. Ia juga mengatakan bahwa menggratiskan fiksi abad 19 melalui ebook reader Kindle akan mengantarkan banyak pembaca baru di seluruh dunia ke harta literatur yang terlupakan selama ini.
Menurut Brindley, perpustakaannya menargetkan untuk menyediakan 50 juta item dalam format digital pada tahun 2020. WIEK  KOMPAS.COM

0 Komentar:

Posting Komentar