Sabtu, 27 Februari 2010

Saatnya Revolusi dalam Pengobatan Kanker


Maryland : Bagi Anda yang khwatir terjangkit kanker, kini Anda bisa mengantisipasinya dengan mengikuti tes pemeriksaan darah. Pemerikasaan Tes darah dapat mengidentifikasi tumor dalam Deoxyribo Nucleic Acid atau DNA, merupakan langkah awal untuk revolusi pengobatan kanker. 
Situs Newscientist yang mengutip laporan Rumah Sakit Pusat Kanker, Johns Hopkins Kimmel Cancer Center dan dari Ilmu Kedokteran Translational, di Maryland, Amerika Serikat, menyebutkan test genetik bisa mengidentifikasi tempat kambuhnya kanker sebelum pertumbuhan tumor muncul. Pasien pun bisa dirawat sebelum terjangkit kanker. Cara tes genetik dilakukan dengan cara mendeteksi penyusunan ulang yang membedakan sel kanker dengan sel normal dalam darah. 
Tes genetik juga bisa memprediksi pengobatan berbagai macam kanker. Apakah kanker resisten terhadap radioterapi dan obat tertentu, sehingga membutuhkan perawatan berbeda. Selain itu, tes juga bisa untuk mengelompokkan kanker subtipe agresif atau non-agresif.
Tes ini memang baru temuan awal. Di masa mendatang, hampir semua jenis kanker kemungkinan besar bisa juga ditentukan melalui jalur genetik yang mendorong pertumbuhan mereka, bukan hanya menunjukkan tempat dimana kanker dapat terdekteksi didalam tubuh. 
Oleh sebab itu pengobatan bisa dilakukan dengan melacak perubahan kanker saat bermutasi dan menyesuaikan terapi pengobatan yang sesuai bagi pasien. Tes ini disebut tes Velculescu. Jadi bagi anda yang ingin mendeteksi kanker secara dini tidak ada salahnya mencoba tes darah.(AYB) LIPUTAN6.COM

0 Komentar:

Poskan Komentar