Senin, 01 Februari 2010

Indonesia Pengguna Opera Mini Terbesar


INILAH.COM, Jakarta – Indonesia menjadi negara tertinggi yang menggunakan Opera Mini di Asia Tenggara. Pertumbuhan ponsel web menjadi faktor utama pertumbuhan hingga mencapai ratusan persen.
Pengguna yang menggunakan ponsel untuk mengakses internet akan lebih banyak menurut laporan terbaru Opera sebuah pengembang alat jelalah internet.
Opera juga menyatakan dalam laporan Mobile Web bulan Januari 2010 bahwa Google dan jejaring sosial adalah situs internet yang paling banyak dikunjungi di negara-negara Asia Tenggara dengan menggunakan ponsel.
Di Asia Tenggara, kunjungan per halaman diantara 10 negara meningkat hampir 599% bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Pada bulan Desember 2009, ada 159% lebih pengguna mobile yang menggunakan Opera Mini untuk mengakses web bila dibandingkan dengan 2008. Sekitar 46,3 juta orang menggunakan Opera Mini setiap bulannya, cocok dengan jumlah pengguna desktop Opera pada pertama kali muncul.
Perubahan tersebut juga mengalami peningkatan 11% daripada bulan Desember 2009 bila dibandingkan saat ini.
“Selama empat tahun Opera Mini tersedia, banyak hal telah berubah. Orang terkustomisasi dalam mengunduh aplikasi di ponsel mereka,” ujar Co-Founder Opera Jon S von Tetzchner.
Perusahaan itu mulai meluncurkan alat jelajah Opera Mini di Swedia dan Norwegia pada bulan November 2005.
Pada laporan bulan Januari 2010 menyangkut situs jejaring social, Facebook adalah yang paling banyak digunakan di Asia Tenggara dengan pencapaian pertumbuhan 600% di 2009.
Kunjungan pada Twitter juga mengalami lonjakan luar biasa, dengan lebih dari 2800%, menjadikannya situs jejaring sosial yang paling cepat bertumbuh.
Sepuluh besar negara di Asia Tenggara yang menggunakan Opera Mini diantaranya Indonesia, Vietnam Malaysia, Thailand, Filipina, Brunei, Singapura, Kamboja, Laos dan Myanmar.
Selain jumlah kunjungan ke halaman juga mengalami kenaikan sebesar 385% dan transfer data meloncat sebesar 587%.
Sebagai bagian pertumbuhan kunjungan halaman, Indonesia dan Vietnam adalah negara pemimpin dengan peningkatan sebesar 1.316% dan 641%. Kedua negara juga berbagi basis pertumbuhan pengguna dengan angka 8.465% dan 419%.
Diantara pengguna web, Google yang berada di nomor urut pertama dalam situs top rank di negara Asia Tenggara. Hal yang sangat signifikan mengingat Google hanya berada di nomor enam dan Yahoo nomor dua di Indonesia. Ditegaskan juga bahwa mayoritas pengguna Opera Mini di Asia Tenggara adalah di Indonesia. Nokia juga memiliki hubungan dengan Opera Mini.[ito]

0 Komentar:

Poskan Komentar