Senin, 15 Februari 2010

Pakaian Untuk Nge-Charge Gadget Segera Terwujud


CALIFORNIA - Ilmuwan di California menjanjikan, 'pakaian energi' untuk mengisi ulang daya beragam gadget akan segera terwujud.
Tim dari University of California, Berkeley, mengembangkan bahan serat nano penyimpan energi yang dapat diubah menjadi bahan pakaian dan tekstil.
Serat nano dapat mengubah energi dari tekanan mekanis menjadi arus listrik. Dalam waktu dekat, bahan ini akan segera diwujudkan dalam bentuk sandang siap pakai untuk mengisi ulang daya gadget. Demikian keterangan yang dikutip dari Telegraph, Senin (15/2/2010). 
Serat nano ini memiliki properti 'piezoelectric' yang memungkinkannya berubah menjadi energi listrik melalui tekanan mekanis, contohnya saat kain diregangkan atau diperas.
"Teknologi ini akhirnya memungkinkan terwujudnya 'pakaian pintar' yang dapat memberikan daya terhadap barang elektronik melalui gerakan badan biasa," kata Liwei Lin dari University of California, Berkeley, yang mengembangakan bahan ini. 
Karena serat nano terbuat dari polyvinylidene fluoride organik, maka bahan ini sangat fleksibel dan relatif mudah dan murah untuk diproduksi. (rah) OKEZONE.COM

0 Komentar:

Posting Komentar