Sabtu, 20 Februari 2010

Kurang Tidur Bikin Gemuk & Cepat Tua


LONDON - Sekira 60 persen warga Inggris mengalami obesitas atau kegemukan. Hasil riset menunjukkan penyebab mereka gemuk bukanlah makan terlalu banyak atau kurang berolahraga melainkan karena kurang tidur.
Hasil studi yang dilakukan Dr Shahrad Taheri dari Birmingham Heartlands Hospital itu juga menemukan, kurang tidur menyebabkan seseorang nampak lebih tua dari usia sebenarnya.
"Kami telah melakukan serangkaian uji coba untuk meneliti hubungan antara berat badan dan lamanya waktu tidur, serta menganalisa tingkat metabolisme tubuh," kata Taheri seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (19/2/2010).
"Dalam penelitian itu kami menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari tujuh jam semalam mengalami obesitas," terangnya. 
Lebih lanjut Taheri menjelaskan hasil temuannya bahwa mereka yang tidur kurang dari empat jam semalam berisiko 73 persen lebih rentan mengalami obesitas. Pasalnya, kurang tidur akan merangsang hormon nafsu makan. 
Gangguan yang dialami ketika tidur bisa memicu nafsu makan berlebih, dengan asupan 900 kalori ekstra per harinya. Jumlah asupan ini bisa memicu penambahan berat badan sebanyak satu kilogram per minggu. Temuan ini juga menunjukkan bahwa meski seseorang tidak memiliki masalah berat badan sebelumnya, berat mereka akan bertambah seiring dengan pengurangan jam tidur. 
Penelitian lain yang dilakukan Eve Van Cauter menyebutkan, gangguan tidur dapat mempengaruhi hormon yang berkaitan dengan proses penuaan dan beragam penyakit.
"Kekuarangan tidur tidak hanya membuat orang nampak lebih tua dari umur sebenarnya tetapi juga memperparah gangguan penyakit seperti diabetes, hipertensi, obesitas dan penurunan daya ingat," kata Van Cauter.
Va Cauter memberi contoh, penyanyi Jennifer Lopez atau akrab disapa J-Lo mengklaim dirinya tidur delapan jam per malam. Hal Ini merupakan rahasianya tampil 10 tahun lebih muda dari usianya sebenarnya.
"Selama tidur, terjadi pembentukan sel-sel kulit baru. Karena itu, tidur yang cukup akan membuat Anda merasa dan terlihat sepuluh tahun lebih muda dari usia sebenarnya," tandasnya. (rah) OKEZONE.COM

1 Komentar:

Glutera Makassar mengatakan...

Keren banget infonya. Pola hidup sehat memang harus dimulai dari hal2 sederhana.

Poskan Komentar